Sabtu, 19 Mei 2012

Perjalanan Satu Periode

Liburan di bulan ini membuat banyak waktu luang bahkan waktu istirahat yang cukup panjang dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Liburan kali ini, kawan-kawan saya banyak yang menikmati di kampung halaman tercinta, camping dan sebagainya termasuk saya yang menikmati Indahnya Kota Malang. 

Malam ini, saya akan sedikit bercerita perjalanan dan beberapa kesan yang telah saya lalui bersama keluarga besar pengurus Perhimpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UB (PERMASETA) periode 2011/2012. Begitu banyak cerita yang telah dilalui, namun tidak semuanya saya bisa ceritakan disini, karena mungkin terlalu panjang dan akan membuat malas para pembacanya. Terhitung semenjak tanggal 14 Juni 2011,saya melantik kepengurusan baru pengurus PERMASETA yang berjumlah 33 Orang. Antusias luar biasa sangat terlihat dari jumlah pengurus. Pada periode tersebut, mayoritas diatas 70% beranggotakan dari angkatan muda dengan posisi mereka yang sangat penting pada kepengurusan. Periode 2011/2012 mempunyai enam departemen disesuaikan dengan kebutuhan anggota saat itu. 
Kali ini saya mencoba memberikan kesan dari beberapa pengurus yang hingga akhir kepengurusan selalu mendukung guna membuat Oraganisasi Keprofesian lebih baik bagi semua kalangan. 
Ozy
Anggota pengurus saya yang pertama ingin saya ceritakan adalah M.Fakhrurrozy. Panggilannya adalah Ozy,dia salah satu Staf Divisi Pers Informasi & Publikasi Departemen INFOKOM. Berbicara Ozy,mungkin hampir seluruh warga Agribisnis sangat mengenal dia, karena apa? karena dia sangat eksis di acara apapun PERMASETA karena menjadi Master Ceremony. Tapi yang susah kegiatan PERMASETA yang agak susah diikuti adalah agenda dari Saya,selaku Ketua Umum. Beberapa kali dia tidak hadir dalam rapat, Up grading pengurus tanpa confirmasi yang tidak jelas. Walupun begitu ozy merupakan salah satu orang yang berpengruh di kepengurusan karena membuat pengurus lain nyaman berada disampingnya(Kecuali Saya,,hehehe). Karakteristik dari ozy ini adalah seseorang yang sangat rajin mandi entah apapun kondisinya. Sering mengeluarkan kata-kata konyol pada saat dikepengurusan.

Yuga
Anggota pengurus lainnya adalah Sekretaris Departemen LITBANG angkatan 2010 asli Arek Malang. Berangkat dari beberapa kepanitiaan di PERMASETA saya mempercayainya pada jabatan tersebut. Yuga kadang-kadang mengalami alergi seperti badan yang memerah jika bada sudah mulai tidak fit. Kisah lain pada ade Yuga ini adalah kegaluannya tentang CINTA. Awal menjadi pengurus, dia mempunyai pasangan. Entah apa cerita,saat ini menjadi single. (Saya pikir-pikir,apakah karena jadi pengurus sehingga berujung pada kesinglean). Untuk masalah asmara,langsung tanyakan ke saudara Yuga Ya,,,
Aziz

Sedikit berpawakan besar, dengan ciri bagian tubuh khususnya perut yang bisa dilihat diphoto samping ini. Perkenalkan salah satu staf Departemen Kaderisasi yang sangat fenomenal. Abang Isnaini Abdul Aziz angkatan 2010 Asli Arek Probolinggo. Orang ini dicirikan dengan suaranya yang sangat besar. Tanpa pengeras suara pun, suaranya dapat menjalar kemana-kemana dengan omongab yang ceplas ceplos. Kekonyolan ade saya yang satu ini adalah jika badan telah drop pada hari pelaksanaan kegiatan, dia akan meninggalkannya tanpa pemberitahuan sebelumnya(KASUS ISNAINI ABAZ bertindak sebagai Koordinator Lapang Kegiatan PLA 2 2012). Semoga perut staf saya yang satu ini segerra kembali normal,,Amien..

Galih

Sebelah ini, adalah Mbak Galih Dwi Maharani Angkatan 2009 asal Surabaya atau kata lain sering disebut BONEK. Mbak yang satu ini bertindak sebagai Sekretaris Departemen PRESTASI. Mbak yang satu ini sering bermasalah dengan masalah kesehatan, khususnya masalah lambung. Selama kepengurusan ini juga, mbak galih menjadi salah satu orang yang berpengaruh pada kepengurusan. Dengan kata lain menjadi mbak bagi ade-adenya.

Luluk
Sekretaris Departemen lainnya adalah ade saya yang sangat cuantik, yaitu Siti Mamluatul Hidayah angkatan 2010 Asli Jombang. Nama panggilannya adalah LULUK, entah dari kata apa kata-kata tersebut menjadi nama panggilan. menjadi Ibu bagi Departemen Kesekretariatan & Kewirausahaan, sesuatu yang sangat membuat saya jengkel, greget, gemes pada ade luluk adalah susahnya dia membalas sms saya. Entah posisi dimana ade ini berada. Namun saya acungi jempol bagi dia jika telah berada di kepanitaan. Dia akan sangat bertanggungjawab kepada jobdesnya. (KASUS Luluk sebagai CO.KONSUMSI PLA 2 2012). 
Desy
Fintya
Staf lainnya yang ingin saya perkenalkan adalah Desy Suma selaku staf departemen KESRA. Fintya Anggreani selaku staf divisi HUMAS Departemen INFOKOM. Keduanya berasal dari angkatan 2010. Desy membuat saya sangat berkesan pada jiwa Kewirausahaannya, namun tidak berlangsung lama kehadirannya dipengurus semakin lama, semakin meredup sama halnya yang dialami oleh Fintya.

Ratna
Lanjut ke pengurus selanjutnya, Ratna Muryanis sebagai Ketua Divisi HUMAS Departemen INFOKOM angkatan 2010. Ratna terkadang jika sudah menggalau,membahayakan orang yang berada disekitarnya. Namun, dibidang kerja, lumayanlah dapat diadu dengan pengurus yang lainnya. 
Niam

Ketua Departemen Apresiasi Minat Bakat Olahraga & Seni dipegang oleh Kukuh Niam Anshori Angkatan 2010. Kesan luar biasa dari ade saya yang satu ini mampu menahan berbagai persoalan yang mungkin bagi orang lain sangat luar biasa beratnya dengan kondisi Departemen yang mempunyai program kerja besar. 
Evi 2010
Aha,ini ada satu lagi staf Departemen Penelitian & Pengembangan yaitu Evi Maf'idatul Ilmi. Evi disini jika sudah bingung dan bingung, maka akan menghilang sementara waktu dengan mendinginkan pikiran. Evi disini termasuk seseorang yang sangat sensitif, jadi jangan sesekali membuatnya menangis ya,, :)
Ikhsan

Staf Divisi HUMAS Departemen INFOKOM adalah Muhammad Ikhsan Habibi angkatan 2009. Kata orang,kami berdua serig dipanggil Upin dan Ipinnya PERMASETA karena melihat postur badan kami yang hampir sma, tapi dalam kenyatannya saya yang berpostur lebih kecil. Ikhsan juga sangat membantu perjalanan kepengurusan dengan kerajinannya juga menjaga kondisi kesekretariatan himpunan.
Agil

Agil Narendar sebagai staf Departemen Keprofesian angkatan 2009. Berlatar belakang akademik dia ingin belajar di dunia organisasi yang belum pernah dia jalani. Kesan saya pada Agil sendiri terkadang masih banyak mengalami kebingungan, saya berharap Agil tidak mengalami kebingungan diluar sana ya.. 
Wahyu

Salah satu staf yang menjadi pelampiasan kepengurusan, dia adalah Wahyu Hidayanti angkatan 2010 pada Staf Depertemen Kaderisasi. Berawal dari ketidaktahuan pengurus dan ingin belajar, Wahyu menjadi seseorang yang sangat penting saat ini di PERMASETA. Wahyu sering mengalami penurunan kesehatan jika sudah otak dan pikirannya bekerja sangat keras. oh,iya nama lain Wahyu di kepengurusan adalah Preman. Satu sifat yang kurang saya suka pada wahyu adalah ketelatannya dalam bidang apapun, entah pada saat rapat atau pada saat kuliah. Preman harus on time waktu ya...

Dipo
Dipo Prayoga angkatan 2010, Staf Departemen Kaderisasi dicirkan dengan rambut keriting seperti sarang burung. Dipo terkenal keluwesannnya dalam berkomunikasi. Kesan pada ade saya yang satu ini adalah kamarnya yang sangat berantakan. Baju yang dipakai hampir sama, sehingga kalau melihat Dipo cukup dari baju yang ia kenakan.
Hoki

Hoki Effendi selaku staf Departemen Kesekretarian & Kewirausahaan angkatan 2010. Hoki asli Padang,anak perantauan juga yang jarang pulang. Hoki jangan pendiam terus ya, ayo lebih rame lagi.. Ok,Hoki.


Eygina
Eygina Yosephine selaku Ketua Divis PIP Departemen INFOKOM asal Medan angkatan 2010.Dengan nada khas Daetah, Egy sangat dikenal oleh pengurus lainnya. Namun sayang, sedikit di akhir kepengurusan Egy mengudurkan diri karena bergabung bergabung pada kepengurusan selain di PERMASETA. Semoga sukses untuk Egy di kepengurusannya yang baru ya.. 

Suci

Suci Ramadhani selaku Sekretaris Umum, anak Palembang angkatan 2010. Dia ini ya,statusnya galau menggalau. Pernah dia saya tegur karena ingin memalsukan ttd saya dan lambat mengerjakan surat yang dibutuhkn di Himpunan. Terkadang kalau sudah bad mood dia akan menghilang dari sekitar himpunan. Suci harus terus sabar ya.
Dwinda
Dwinda Rahmadya angkatan 2009, salah satu sahabat saya yang identik dengan Tak Ceritane yo,,itulah khas Dwinda anak Madiun. Sesuatu sifat yang harus diubah oleh Dwinda yaitu sering membeli barang yang tidak sesuai dengan fungsinya. Kedepan harus lebih irit ya Dwinda dan jangan sering menggalau ya plus jngan ngak ngek..
Aldan

Selanjutnya, yang saat ini sedang mengembangkan bisnis kafe kopinya adalah Aldan Zeno Damara selaku Ketua Departemen KESRA. Yang paling saya suka pada seorang Aldan adalah sebuah keterbukaan, jika ada masalah. dia tak sungkan langsung membicarakan masalah tersbut. Harapan saya, semoga kedepannya Bisnis Aldan berjalan dengan lancar dan benar-benar menjadi wirausahawan muda yang sukses


Wahyu Eka
Terkenal dengan julukannya sang Playboy Himpunan, membuat dia sangat terkenal di kalangan pengurus dengan kitab-kitab cintanya yang seakan menghinotis para wanita tersebut. Namun semua itu hanya isapan jempol belaka jika tidak dilakukan oleh abang weka atau Wahyu Eka Wananda. Selaku menjabat menjadi Ketua Departemen LITBANG, sepertinya dia memanfaatkan posisinya untuk mencari cinta sejatinya. Semoga menjadi playboy yang abadi,,haha. 
James

Selanjutnya terkenal dengan kegemulaiannya,membuat seorang James/Ambon/Keriting atau apapun namanya sebagai Ketua Departemen Kaderisasi sudah sangat terkenal di kalangan teman-teman himpunan maupun non himpunan. Seorang sosok yang terkadang orang lain tak mengira bahwa di balik kegarangan wajahnya. ia memiliki sebeuah kelembutan hati yang sangat halus, terbukti dari beberapa lagu favoritnya. Alhamdulilliah, akhirnya melalui himpunan inilah, setelah selesai masa jabatan, akhirnya dia menemukan tambatan hati yang dia cari. Semoga langgeng Bon,,,

Hardita
Tidak jauh dari departemen Kaderisasi, yang lainnya adalah Hardita Wahyu Rini sebagai Sekretaris Departemen Kaderisasi. Apa yang sangat terkenal dari seorang hardita. Pengurus Himpunan pastilah sangat hafal, yaitu Miss Telat, hahaha.Semoga setelah selesai menjadi pengurus Hardita tidak telatan ya. Langgeng juga dengan abang palembang,,.. 
Muthia

Satu lagi warga pengurus yang berasal dari daerah Barat Pulau Jawa,,terbiasa dengan kata Loe,Gue... Ok,ia adalah Muthia Abda Azizah selaku Ketua Departemen Keprofesian. Dia sangat dan sangat menggalau. Hal ini juga bisa berdampak kepada kinerjanya dikepengurusan. Pesen saya, jangan sering galau, dan perbaiki sistem komunikasi sesama teman atau partner yang lainnya. 

Ryza



Ketua Departemen INFOKOM terkenal dengan kejarangannya mandi sehingga membuatnya sering menggalau dan berdampak juga kepada pencarian pendamping hidup yang masih misteri yaitu Ryza Pradana Putra Madiun. Saran saya, semoga ada keajabian suatu saat untuk Ryza agar menghilangkan keunikan ketidakmandiannya tersebut.





Sri Wulandari
Elsa
Pendamping Ryza di Infokom yaitu Sri Wulandari/Acong asli Madura.. Acong terkenal dengan ketomboyannya. Kekuatannya bagaikan lelaki, namun tetaplah dia seorang wanita yang juga sering galau.Sering menghilang, karena takut dengan saya. Pesan saya, tentukan hatimu kepada orang yang tepat, foto-foto dijaga ya,,hahaha.


Next, jauh dari Pulau Sumatra dengan logat Suku Bataknya, perkenalkan Elsa F Tarigan selaku staf Departemen LITBANG. Dia pernah curhat, kalau dia banyak gak paham bahasa jawa. Terus pantang menyerah ya Elsa untuk terus belajar dan memahami Bahasa Jawa, siapa tahu dapat jodoh Orang Jawa sebelum kembali ke Sumatra,,hehehe.

Fatmawati
Viko
Staf Departemen PRESTASI lainnya adalah Fatmawati/Imeh dan Viko Mahendara. Pesen saya terus banyak belajar, jangan takut untuk berbuat sesuatu, buktikan kalau kalaian bisa juga berbuat lebih baik dengan orang lain. Semoga sukses untuk kalian berdua. 
Eka 
Wella
Masih dalam penggalauan, yaitu Eka Ratna selaku Staf Departemen KESRA. Sungguh sangat pendiam si Eka ini, semoga esok bisa berani mengutarakan pendapat ya.. Sama dengan galaunya Nia,berasal dari departemen yang sama, dia adalah Saudara Wella,,Saudara Wella (Red.Nada Panjang)

Agus
Wahyu I
Dan kontestan yang terakhir adalah Agus Sujiwo/Eplekenyes/Onde-onde. Saran saya untuk onde-onde, semngat terus untuk ide2 kreatifnya. Wahu Inggit semoga tidak galau juga bersama mbak Evi. Dan kebetulan ketiga orang ini setahu saya sedang mencari cinta sejati,semoga segera dipertumakan,,hehe

Evi


Itulah sekilas kesan pesan saya kepada Keluarga Kecil Periode 2011/2012. Terimakasih banyak atas kerjasama kalian hingga akhir kepengurusan. Semoga amal baik keluargaku untuk orang lain tercatat sebagai amal ibadah yang tidak pernah terputus. Terus berkreasi, terus terampil dimanapun kalian berada. Jangan capek untuk terus belajar, karena Manusia sampai akhir hayat terus belajar dimanapun, dan kapanpun. 

Salam Profesi!!!
Ilham Nugroho

Malang, 17 Juli 2012

1 komentar:

  1. kayaknya blogmu canggih juga mas, hehe...
    sayang nggak didukung beberapa sistem search engine kayaknya, semacam webmaster mas
    kenapa berhenti terbit mas?
    http://lukiluck11.blogspot.com
    http:/malangshopaphoria.blogspot.com

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat