Jumat, 27 Januari 2012

Waduh, Nilaiku Jelek!


APA yang akan kamu lakukan ketika mendapati banyak 'D' pada nilai-nilaimu semester ini? Panik, atau justru santai saja? 

Nilai yang kita dapatkan memang dipengaruhi berbagai faktor. Nilai jelek tidak selalu berarti bahwa kita tidak pintar. Tetapi, daripada mengutuki barisan D dalam transkrip nilai semester ini, yuk berintrospeksi dan kemudian susun rencana untuk memperbaiki nilai di semester depan.   

Bagaimana saya belajar?

Lingkungan tempatmu belajar dapat memengaruhi penyerapan materi kuliah. Ruangan yang bising mungkin akan mengganggu belajarmu, tapi bisa jadi itu bukan masalah bagi orang lain. Ciptakanlah suasana kondusif untuk kamu belajar, termasuk meminimalisasi gangguan.  

Apakah saya absen kuliah?

Kehadiranmu di kelas sangat memengaruhi keberhasilanmu menyerap materi kuliah. Ketika kamu masuk kelas, kamu melihat dan mendengar berbagai informasi yang disampaikan dosen pada saat bersamaan. Dengan begitu, kamu juga akan lebih mudah mengingat berbagai deadline tugas. 

Apakah saya memanfaatkan sumber daya yang ada?

Jika kamu dibebani banyak tugas laporan atau makalah, maka bersahabatlah dengan perpustakaan. Kunjungi perpustakaan untuk melakukan riset jauh-jauh hari sebelum tenggat waktu tugasmu berakhir. Sehingga, kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk memeriksa tugasmu sebelum dikumpulkan. 

Apakah saya berbicara kepada teman sekelas?

Jika kamu satu kos dengan teman sekelas, sering-seringlah membicarakan perkuliahan dengannya. Kamu juga bisa belajar bersama, terutama menjelang ujian. Berdiskusi dengan orang lain akan sangat membantu kita memahami berbagai konsep dan teori. Demikian seperti disitat dari College Cures, Jumat (27/1/2012).

Kebiasaan belajar apa yang cocok untuk saya? 

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda untuk mengefektifkan proses belajar. Ada yang berhasil dengan membuat kartu-kartu informasi, panduan belajar, atau menulis review atas catatan kuliah. Ada juga yang nyaman dengan merekam ceramah dosen di kelas, menempel post it pada bagian-bagian penting di buku teks, atau bahkan membuat presentasi power point untuk topik kuliah. Temukan cara dan kebiasaan yang tepat untukmu, maka kamu pun akan sukses di kelas. 

Apakah saya ingat apa yang saya pelajari di awal semester?

Di kampus, materi kuliah sebelumnya adalah dasar untuk pertemuan berikutnya. Jika kamu merasa kesulitan mengikuti kuliah dari awal, jangan menunggu untuk mencari bantuan atau mengubah kebiasaan belajarmu. 

Sistem kebut semalam (SKS) hanya akan menyimpan berbagai informasi dalam otakmu sebentar. Belajarlah sedikit demi sedikit. 

Apakah saya bertanya kepada dosen? 

Bicaralah kepada dosenmu tentang kuliah yang kamu hadiri, bahkan jika kamu mampu mengikutinya dengan baik. Tanyakan bagaimana kamu dapat unggul di kelas sang dosen atau apa yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan nilai bagus. Kamu juga bisa mengajak dosen berdiskusi tentang suatu konsep yang sedang kamu pelajari.  

Apakah saya mengatur waktu dengan baik?

Pikirkan tentang hal ini dan jujurlah dengan diri sendiri. Bagaimana kamu memilah-milah waktumu? Prioritaskan jadwal belajar di antara segudang kesibukan ekstrakurikuler lainnya.(rfa) 
Rifa Nadia Nurfuadah 

2 komentar:

  1. hayo...nilai mu sendiri gimana deq...?psti bagus2 kan...

    BalasHapus
  2. Alhmdulliah,,semoga bisa dipertahankan mbak,, good luck for FTnya,,,

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat