Kamis, 22 September 2011

ANDAI AKU MENJADI BESWAN DJARUM 2011


ANDAI AKU MENJADI BESWAN DJARUM
By Ilham Nugroho

PT Djarum merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tembakau yang merupakan penyumbang devisa bagi negara Indonesia. Perusahaan ini berpusat di daerah Kudus,Jawa Tengah. Sebuah cerita panjang dan kesalutan dimana perusahaan ini mengalami banyak perubahan hingga saat ini. Keberhasilan perusahaan ini dikarenakan memegang beberapa kunci sukses bisnis antara lain fokus pada pelanggan, profesionalisme, organisasi yang terus belajar, satu keluarga, tanggung jawab sosial. Salah satu hal bidang tanggung jawab sosial dari PT.Djarum melalui Djarum Foundation. Djarum Foundation yaitu Djarum Bakti Pendidikan berperan aktif memajukan pendidikan melalui pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi tinggi, dalam berbagai pelatihan soft skills untuk membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan serta menjadi pemimpin yang cakap intelektual, emosional dan spiritual.
Djarum Foundation melalui Beasiswa Plus Djarum merupakan hal yang sangat luar biasa dan begitu banyak mahasiswa di seluruh Indonesia yang ingin mendapatkannya. Ketertarikan ini bukan hanya sebagai beasiswa biasa, ada sebuah keunikan yang ada dalam beasiswa ini yaitu pembinaan karakter para Beswan, sesuatu yang penting bagi seseorang khususya mahasiswa yang menjadi pemimpin masa depan berguna bagi dirinya sendiri, orang lain hingga Negara.
Melihat dari pengembangan karakter tersebut, beberapa hal yang ingin saya capai dalam Beswan Djarum kali ini yang pertama adalah wawasan kebangsaan, sesuatu hal positif yang perlu kita ketahui bahwa Indonesia memiliki keragaman dari suku, bahasa, kesenian dan lain-lain yang hendaknya harus kita pelajari dan dapat kita kembangkan sebagai bukti bangsa kita adalah bangsa yang kaya raya. Wawasan kebangsaan juga dapat menjadi sebuah acuan dari saya sebagai penerima beswan untuk menggali potensi daerah masing-masing. Kedua, Character Building adalah pemberian materi bagaimana sebenarnya karakter seseorang, khususnya saya. Karakter seperti apakah saya? Bagaimana karakter dengan orang lain? Bagaimana bekerjasama dengan beberapa orang yang memiliki karakter berbeda-beda? Jawaban tersebut dapat saya dapatkan di materi ini. Ketiga, Leadership Training, pelatihan kepemimpinan ini sungguh sangat saya inginkan dan tidak akan saya lewatkan, dimana saya saat ini menjadi pemimpin memerlukan masukan dan pelatihan untuk menjadikan diri saya seseorang pemimpin yang bijaksana. Keempat,  Lomba Debat. program ini juga tak kalah pentingnya dengan program lain, dimana saya dapat menunjukkan kemampuan saya dalam berbicara di depan umum, melihat permasalahan global yang harus kita analisis dan menemukan solusinya, mengontrol emosi,ini sangat saya butuhkan. Kelima, Karya Tulis, sebuah inspirasi dari saya yang ingin saya tuangkan dalam sebuah tulisan yang dapat diketahui semua elemen, disini juga membuat saya menjadi seseorang penganalisis, pengamat, serta pemecah solusi dan dapat dipresentasikan. Betapa susahnya seseorang memiliki banyak solusi namun tak ada aksi, sehingga karya tulis merupakan aksi nyata dan dapat diterapkan. Keenam adalah program lain-lain, dimana saya dapat mengabdi ke masyarakat langsung seperti bakti desa, donor darah, sehingga jiwa sosial saya dapat tersalurkan. Beberapa kegiatan tersebut, adalah sesuatu yang ingin saya lakukan.
Sebuah kebanggaan yang terkira saya mendapatkan Beswan Djarum ini, bersaing dengan pendaftar lainnya yang saya rasa kemampuan mereka di atas saya, namun tidak hanya untuk saya pribadi, melainkan saya juga persembahkan untuk kelurga tercinta, sahabat-sahabat saya, daerah Kalimantan Timur, Almamater tercinta Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan berbakti untuk Negeri. Pelatihan-pelatihan tersebut tidak akan berhenti di diri saya, melainkan apa yang sudah saya punya akan saya bagi dengan orang lain, karena sedikit apapun kebaikan itu disampaikan dan dilaksanakan, akan berdampak baik bagi saya maupun orang lain. This is my choice, and I am sure I can do it.
Itulah sedikit pemaparan saya “Andai Aku Menjadi Beswan Djarum”, besar harapan itu bisa terwujud sesuai dengan visi diri saya untuk membangun negeri ini melalui Pertanian melalui Beasiswa Plus Djarum 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat