Kamis, 22 September 2011

Motivation Letter BESWAN DJARUM 2011


MOTIVATION LETTER
By Ilham Nugroho

            Berawal dari latar belakang keluarga pertanian dan hidup pada lingkungan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah di Kalimantan Timur, saya memiliki visi untuk membangun pertanian daerah lokal menjadi pertanian yang unggul. Latar belakang tersebut membuat saya harus memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya yang ada di Kalimantan Timur. Kemampuan tersebut dapat saya dapatkan melalui pendidikan formal, salah satunya mengenyam pendidikan di Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Samarinda Jurusan Perkebunan hingga tahun 2009. Pada saat menjalani pendidikan di SPP Negeri Samarinda banyak hal yang saya dapatkan, tidak hanya pengetahuan dalam bidang pertanian, melainkan kemampuan non akademik dari kedisplinan hingga pembelajaran bidang organisasi. Menamatkan sekolah tingkat SLTA, saya melanjutkan studi program S1 Agribisnis di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Pilihan kembali menjadi sebuah prioritas mengapa saya memilih program Agribisnis, memegang sebuah visi membangun pertanian daerah itulah alasannya.
Mahasiswa merupakan seorang yang diharapakn memiliki sebuah solusi dalam pemecahan suatu masalah khusunya bidang tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penilitian serta pengabdian masyarakat yang menjadi salah satu tugas Mahasiswa. Mencapai hal tersebut, saya selalu menggali potensi yang ada pada diri saya, sehingga keaktifan menajadi mahasiswa tidak hanya dalam bidang akademik melainkan juga harus mengembangkan potensi di luar akademik. Sebagai mahasiswa aktif, saya mengikuti beberapa kegiatan di luar perkuliahan seperti menjadi Asisten Praktikum, Asisten Dosen di lingkungan FP UB serta aktif dalam beberapa kegiatan organisasi intra kampus antara lain Perhimpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UB, Badan Eksekutif Mahasiswa FP UB, dan Pusat Riset dan Kajian Ilmiah Mahasiswa FP UB. Kegiatan tersebut memiliki beberapa efek positif yang sangat luar biasa bagi saya, dimana meningkatkan kemampuan dalam bidang akademik dan kemampuan mengambkan potonsi diri seperti kepercayaan diri berbicara di depan umum, bersosialisasi dan sebagainya.      
Hidup ini adalah merupakan pilihan, dimana setiap manusia berhak memilih apa yang ingin ia inginkan untuk hidupnya. Pilihan ingin bergabung menjadi Beswan Djarum merupakan pilihan salah satu untuk mengembangkan potensi diri saya untuk mewujudkan cita-cita membangun pertanian daerah yang unggul. Ketertarikan menjadi seorang Beswan dimulai ketika saya duduk di sekolah tingkat SLTA, dimana Beasiswa Djarum selain memberikan sebuah materil dalam bentuk uang, melainkan memberikan pengembangan soft skill penerima Beswan serta beasiswa ini berasal dari Perusahaan bidang pertanian yang sejalan dengan visi pertanian. Semenjak saat itu, saya berkeinginan keras serta mencitakan untuk mengikuti program ini dengan menyeimbangakan akademik dan non akdemik. Kebanggaan menjadi seorang penerima Beswan sangatlah luar biasa, dimana penerima tersebut bersaing dengan mahasiswa lainnya. Sehingga, ini merupakan tantangan yang harus saya hadapi untuk menguji kemampuan diri saya. Diri saya memiliki sebuah motivasi yaitu hidup ini adalah tantangan, tantangan tersebut menjadikan diri kita seorang yang lebih kuat dan bermanfaat bagi sesama.
Besar harapan saya untuk bergabung menjadi Beswan Djarum tahun 2011 ini, karena saya orang pemuda, energik, pekerja keras, visioner, dan termotivasi yang percaya bahwa saya bisa melakukan yang terbaik bagi lingkungan dan sesama.
“Selama tekadmu untuk sukses begitu kuat, tak ada kegagalan yang mampu mengahalangi dirimu untuk terus berkarya”.
“Jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan & satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan”
I CAN DO IT




0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat