Selasa, 21 Agustus 2012

Bike To Campus



Selamat sore bagi yang membaca postingan ini disore hari.
Kali ini saya ingin mengangkat tentang Bike To Campus atau sering familiar dengan sebutan Gowes. Gowes sendiri merupakan olahraga yang sudah lama di Indonesia. Alat yang digunakan tak lain tak bukan adalah sepeda. Saat ini sepeda mengalami perkembangan yang sangat luar biasa disesuaikan dengan kebutuhan atau fungsi dari masyarakat saat ini. Sebagai contoh ada sepeda untuk santai atau sering disebut urban bike, sepeda olahraga dan masih banyak lagi.

Seiring perkembangan zaman juga, berbudaya bersepeda/gowes mulai mengalami penurunan, hal ini didukung oleh semakin berkembangnya alat transportasi yang ada dimana masyarakat umum dapat membeli alat transportasi tersebut. Hal tersebut tak terkecuali Mahasiswa, hari gini masih jalan kaki, capek booo.,pegel dan sebaginya, ya satu keinginan mereka yaitu banyak fungsi mempunyai sepeda motor atau alat kendaraan lainnya selain sepeda ontel.

Setiap kampus memiliki target untuk meningkatkan kuantitas jumlah mahasiswanya. Hal ini juga sangat berdampak atau sangat dibilang mempunyai korelasi yang kuat dengan jumlah kendaraan yang meningkat. Sisi negatifnya adalah luas lahan kampus bagi lahan parkir sangatlah kurang untuk menampung jumlah kendaraan mahasiswa yang ada. Alhasil, kendaraan mahasiswa terkadang tidak teratur dengan baik, dan yang lebih parahnya lagi, hal ini akan membuat perluasan lahan parkir baru. Perluasan lahan parkir baru sama dengan mengurangi lahan hijau ataupun lahan yang lainnya dimana sebenrnya bukan diperuntukkan untuk lahan parkir. Eits,yang satu ini juga tidak kalah berdampak, yaitu maslah kesehatan kampus.

Semua problematikan diatas, beberpa kampus sudah ada yang dapat menanganinya dengan baik. Namun, namanya beberpa, masih banyak pula yang belum memikirkan masalah tersebut. Salah satu solusi yang bisa sangat merubah keadaan tersebut adalah kembali menggalakkan kembali budaya bersepeda, selain sehat dampak lainnya seperti sosial dan sebaginya dapat teratasi. Beberapa manfaat bersepeda ke kampus menurut versi saya sebagai berikut:
1. Hemat bahan bakar minyak (Tenaga Manusia). Setidaknya kita dapat mengurangi BBM yang kita pakai
2. Sehat bagi tubuh
3. Lahan parkir kampus tidak bertambah luas
4. Udara kampus menjadi segar alhasil sehat
5. Sebagai sarana interaksi sosial antar civitas akademika kampus. Siapa tahu ada clubnya kan keren..

So.. yuk kita jaga bumi kita ini dengan hal yang kecil. Jika bukan kita,siapa lagi? Perubahan besar dimulai dari perubahan kecil. YUK GOWES.. SALAM GOWES

Ilham Nugroho


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat