Senin, 07 November 2011

TAMAN BALEKAMBANG SOLO



Sejarah Taman Balekambang Solo
Taman Balekambang Surakarta pada awalnya bernama taman Partin Tuin dan Prtinah Bosch, yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegoro VII tanggal 26 Oktober 1921. Karena rasa sayang beliau pada putrid –putrinya GRAy Partinah Sukanta maka nama putrinya tersebut diabadikan menjadi sebuah nama taman.
Taman Balekambang dulunya dibagi menjadi dua area. Yaitu area Jawa dan Eropa. Taman balekambang sengaja dibangun menjadi konsep jawa  dan eropa karena pada jaman tersebut pengaruh dari penjajah belanda masih sangat kuat. Taman Balekambang dibangun dengan sangat memperhatikan unsur keindahan.Arena yang dinamakan Partini Tuin atau Taman Air Partini berfungsi sebagai penampung air untuk membersihkan atau menggelontor kotoran – kotoran sampah di dalam kota dan juga sering digunakan untuk bermain perahu. Di sini merupakan danau buatan yang cukup luas.
Area yang kedua dinamakan Partinah Bosch atau Hutan Partinah yang merupakan koleksi tanaman langka seperti Kenari, Beringin putih, Beringin sungsang, apel coklat dsb. Partinah Bosch berfungsi sebagai daerah resapan dan paru – paru kota. Taman Balekambang sering digunakan sebagai tempat bersantai atau rekreasi khusus keluarga dan kerabat istana Mangkunegaran. Baru pada era KGGPA Mangkunegoro VII Taman Balekambang dibuka untuk umum. Di daerah ini terdapat patung seorang wanita yang menggunakan pakaian adat jawa yang tak lain dan tak bukan adalah Partinah putri kedua KGPAA Mangkungaran VII.
Sejak itu mulai diadakan hiburan utnuk rakyat seperti Ketoprak lesung yaitu ketoprak yang diiringi dengan lesung dan berkembang sampai sekarang dan diiringi dengan gamelan juga. Pada era tahun 70an masuk pula hiburan srimulat yang menelorkan beberapa seniman – seniman terkenal seperti Timbul, Gepeng, Djujuk, Nunung , Mamik Basuki dll.
Dalam sejarahnya, taman Balekambang merupakan salah satu fasilitas dimana menjadi tempak untuk KGPAA Mangkunegara berinteraksi dengan masyarakat umum kota Surakarta. Hamparan rumput yang luas sering digunakan KGPAA Mangkunegaran dan rakyat bercengkrama.
Nama Taman Balekambang diambil atau diawali karena adanya rumah yang tepat berada disamping kolam sehingga seolah – olah terapung di atas aitr. Bale berarti rumah dan kambang berarti terapung. Sehingga dinamakanlah taman ini menjadi Taman Balekambang.
Taman Balekambang untuk Masyarakat Umum
Setelah Taman Balekambang direvitalisasi pada tahun 2008, disamping fungsi utamanya sebagai daerah resapan air dan paru- paru kota juga diperuntukan sebagai public area atau ruang public yang dapat difungsikan sebagai Taman Seni dan Budaya, Taman Botaniu, Taman Edukasi dan Taman Rekreasi
Area Taman Balekambang seluas 9,8 Ha terletak di Jl. Balekambang no 1 Surakarta dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB setiap hari. Pengunjung dapat menyusuri jalan – jalan setapak dibawah rindangnya dan semilirnya pepohonan. Di taman in terdapat banyak sekali fasilitas sepeerti kursi yang dapat digunakan untuk beristirahan juka anda lelah mengelilingi taman balekambang ini, selain beristirahat para pengunjung juga dapat menikmati kicauan burung dan suasana yang asri di taman ini. Selain itu, ditaman ini juga ada beberapa ekor rusa yang sudah jinak dan angsa putih yang bias berinteraksi langsung dengan para pengunjung di Taman.
Dikolam yang seperti danau itu terdapat beberapa angsa putih yang sedang bermain dan menambah indahnya Taman Balekambang. Saat ini tengah dikembangan area outbond untuk bermain yang telah dilengkapi dengan beberapa permainan menarik.

Pada saat ini, taman balekambang sudah mulai dimanfaakan ole waga solo sebagai area ruang terbuka. Acara –acara atau event – event banyak diadakan di tempat ini seperti acara minggu pagi dimana ada bazaar murah, pasar pagi dan senam berasama. Ada juga lomba menggambar dan KPOP event dilaksanakan di tempat ini. Acara bertaraf internasional pun juga pernah diselenggarakan di taman balekambang ini seperti Solo Batik Carnival ( SBC )

Selain terdapat banyak kursi dan meja untuk beristirahat, fasilitas lainnya adalah adanya kamar mandi sehingga pengunjung taman tidak perlu khawatir. Di Taman ini juga terdapat Tempat Pertunjukan Ruang Terbuka dan Tertutup, Air Mancur dan Stand makanan yang sudah ditata rapi oleh pemerintah kota solo. Ada juga mobil perpursakaan keliling yang sering berhenti di taman ini, sehingga anak anak bias membaca buku sambil menikmati taman.
Ekses untuk menuju ke taman ini juga sangat mudah, taman yang berada di tengah kota sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Ada juga sarana transpoertasi umum BTS ( batik trans solo ) yang menuju ke daerah ini. Tempatnya yang tidak jauh dari stadion Manahan solo membuat taman ini sering dikunjungi oleh beberpa pemain sepak bola untuk menikmati asrinya taman Balekambang dan hangatnya kota solo.



KELOMPOK II PAL KELAS A
ADI SURYO SK 0910440006
AHMAD DJAUHARI F 0910440010
ASRINI MARHASTUTI 0910440029
DITA NADIA FARADINA 0910440058
DWINDA RAHMADYA 0910440062
GANIK DANIARTI 0910440087
ILHAM NUGROHO 0910440101
DEBY ANANDA DIFAH 0910440256
RAHADIANTI OKTIVIALIN 0710413008


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat